Kisah Tak Terlupakan Tentang Diving di Bali

Pada tahun 1982 saya bekerja sebagai pemandu wisata berbahasa Inggris, namun selama waktu senggang saya, saya belajar bahasa Italia dengan metode autodidak saya sendiri menggunakan bahasa Inggris - Italia. Saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam sehari untuk mempelajarinya, suatu pagi di pagi hari, di sore hari dan kadang larut malam. Saya berhasil mengingat 2 kata kata dalam sehari tapi saya menemukan banyak kesulitan untuk mempelajari tatabahasa karena sangat berbeda dengan bahasa ibu saya bahasa Bali dan bahasa Indonesia, namun saya berkeras untuk bertemu dengan kesuksesan. Hari demi hari, minggu demi minggu dan bulan demi bulan, dan akhirnya aku mengerti.

Pada bulan Oktober 1982 salah seorang teman saya yang mengelola agen perjalanan di Bali meminta saya untuk menangani kliennya, mereka orang Italia dan berbicara sedikit bahasa Inggris. Itulah pertama kalinya saya melatih bahasa Italia saya. Ketika saya bertemu mereka di Bandara Internasional Bali, pertanyaan pertama yang harus saya jawab adalah "di mana tempat terbaik untuk menyelam". Dengan kejujuran sebenarnya saya tidak tahu jawabannya, tapi saya berjanji kepada mereka untuk kabar baiknya lusa.

Saya mengunjungi rumah teman saya dan bertemu dengan Bli Monyoh, seorang nelayan tinggal di Sanur desa di pantai tenggara Bali. Saya tahu dia adalah seorang nelayan yang baik dan sangat pintar dalam menembak ikan, menyelam dengan bakatnya sendiri menggunakan peralatan selam yang sangat sederhana.

Kami berbicara tentang tempat menyelam dan dia mengatakan kepada saya bahwa untuk menemukan menyelam yang paling menyenangkan, harus mengunjungi 2 atau 3 tempat yang berbeda dari dunia bawah laut yang menarik di antara terumbu karang. Bli Monyoh melihat kalender Bali-nya untuk melihat hari yang baik untuk pergi ke laut. Klien saya tergila-gila dengan menyelam.

Hari pertama dia membawa kami ke Semawang di Sanur dengan perahu layar cadarnya. Terletak di depan Pantai Wisata Sanur. Liburan di kedalaman beberapa meter dihargai oleh panorama bawah laut yang indah, meja dan piala berbentuk karang dan spons, seribu ikan berwarna-warni berenang dengan mahluk kaleidoskopik. Saya bukan perenang atau penyelam, saya hanya duduk di atas kapal dan menyiapkan kebutuhan saat mereka naik.

Hari kedua Bli Monyoh membawa temannya seorang penyelam cerdas bernama Agung Toya, bersama dengan mereka beberapa senjata (persis seperti panah) yang dilepas oleh karet gelang kuat yang terbuat dari ban. Sebelum tinggal di Sanur, Bli Monyoh menaruh dupa dan dupa wangi di depan sebuah kuil dan berdoa kepada Tuhan. Sepanjang jalan sekitar satu setengah perjalanan kami, dia berhenti beberapa kali untuk berdoa dimana ada kuil untuk berkah, keselamatan dan keberuntungan Tuhan. Bahkan sebelum menyentuh air ia melakukannya.

Ketika kami tiba di Buitan adalah sebuah desa nelayan yang sangat tradisional, terletak di distrik Manggis Karangasem timur Bali dekat Candidasa, saya kagum dengan keindahan alam, panorama yang spektakuler atau sawah teras, suasana pedesaan dan Majestic Mount Agung di Jauh ke belakang, untuk Bali itu adalah tempat Tuhan Tertinggi "The Navel of the World". Lautnya yang megah dan air biru jernih, tetap tak tersentuh oleh pengaruh modern, merayu semua orang terutama pecinta pantai dan menyelam. Kini Buitan membanggakan hotel bintang 5 yang mewah dan beberapa akomodasi kecil di bungalow bergaya Bali.

Ketika kami mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyelam, seorang pria lokal ramah mendekati kami dan memberikan perahu kayu sendiri untuk digunakan secara gratis dengan harapan bisa menangkap banyak ikan. Kami berlayar pukul 09.00 pagi di laut yang tenang. Sekitar 50 m dari pantai kami sampai di terumbu karang dimana ombaknya pecah. Di bawah cuaca yang sangat baik kita bisa melihat dunia bawah laut yang indah di antara terumbu karang.

Klien asal Italia saya membawa peralatan menyelam mereka sendiri karena mereka adalah pemegang lisensi PADI. Sementara penyelam asli menggunakan bakat mereka sendiri. Wow, wow, wow, betapa hebatnya hari itu, kami memancing banyak (hanya ikan pilihan), satu hal mengejutkan saya bahwa Bli Monyoh mendapatkan 4 ekor lobster. Pukul 11.00 a.m. kami menyelesaikan petualangan kami dan orang setempat menunggu kami di pantai dengan api kayu, cabai, bawang, bawang putih, garam dan minyak kelapa. Kami memanggang ikan kami dalam suasana santai di pantai dengan angin sepoi-sepoi yang indah, daripada menikmati makan siang gala lezat dengan gaya koboi. Wow menakjubkan, kami benar-benar merayakan dan menikmati hari yang menyenangkan.

Kini di Bali ada beberapa tempat menyelam yang terkenal dan menarik di dunia: Nusa Dua, Sanur, Padang Bay, Gili Tapekong, Tulamben, Amed, Nusa Penida dan Lembongan dan Pulau Menjangan.

Jadi jika anda pecinta laut dan menyelam mengapa anda tidak memilih Bali untuk tujuan selanjutnya, pulau yang mempesona ini menunggumu dengan dunia bawah laut yang menakjubkan. Rencanakan perjalanan dan pesan hotel pilihan anda atau hubungi agen perjalanan anda.

0 Response to "Kisah Tak Terlupakan Tentang Diving di Bali"